Ketika Hacker Bergalau Ria di Subdomain Situs Polri

1537

Ketika Hacker Bergalau Ria di Subdomain Situs Polri. Apa yang akan dilakukan seorang hacker atau peretas saat dia sedang patah hati? Defacer dengan codename Mr z dan LoliC0d3 melampiaskannya dengan meretas salahsatu subdomain situs polri.go.id.

Portal Resmi Polres Ogan Komering Ulu Diretas

Baru-baru ini situs Polres Ogan Komering Ulu yang beralamat di oku.sumsel.polri.go.id diretas oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab. Pelaku yang menggunakan inisial Mr z dan LoliC0d3 berhasil membobol sistem keamanan situs Polres Ogan Komering Ulu dan mengubah tampilan halaman depan situs tersebut, atau yang biasa kita kenal dengan istilah defacing.

Pelaku yang nampaknya berasal dari kelompok Cowok Tersakiti Team tersebut hanya meninggalkan “jejak” berupa kalimat yang menunjukkan kegalauannya.

Telah habis sudah cinta ini Tak lagi tersisa untuk dunia Karena telah ku habiskan Sisa cintaku hanya untukmu.

Selain itu, ada dua nama individu ataupun tim yang terpampang di halaman tersebut yaitu Cowok Tersakiti Team dan Typical Idiot Security.

Belum ada Perbaikan

Sampai berita ini dirilis, belum ada perbaikan dari admin situs terkait. Tampilan depan situs masih dalam keadaan ter-deface. Bahkan, saat kami cek di Google, ada backdoor shell bernama Lazy Sh3LL V.2 yang ikut tampil di sitelink.

Hal ini menjadi bukti kalau sebenarnya situs ini sudah lama diusili oleh para peretas yang tidak bertanggung jawab, dan sepertinya admin situs terkait kurang tanggap.

Untuk mirror atau arsip dari situs yang dideface, kalian bisa lihat disini:

  • https://web.archive.org/web/20190813114716/http://oku.sumsel.polri.go.id/

(yuyudhn/linuxsec)