Gambar Donald Trump Muncul di Google saat Pengguna Memasukkan Keyword ‘Idiot’

Gambar Donald Trump Muncul di Google saat Pengguna Memasukkan Keyword ‘Idiot’.  Baru-baru netizen khususnya di Amerika dibuat heboh oleh Google. Ketika pengguna memasukkan kata kunci “idiot” di pencarian Google, yang muncul di Google Images adalah gambar dari presiden Donald Trump.

Dan kehebohan tersebut makin menjadi ketika video kongres DPR AS dengan Google yang diwakili oleh CEO Sundar Pichai diunggah ke sosial media maupun YouTube. Pichai ditanya apakah ini merupakan contoh bias politik dalam algoritma, dan tentu saja pihak Google membantahnya.

Menurut Google Trends, “idiot” saat ini adalah nomor satu yang paling dicari untuk istilah di AS.

Anggota Kongres Demokrat Zoe Lofgren mengajukan pertanyaan tentang mengapa “idiot” menampilkan hasil yang termasuk gambar-gambar presiden.

“Bagaimana itu bisa terjadi? Bagaimana cara kerja pencarian sehingga itu terjadi?” dia bertanya.

Di hadapan semua yang hadir dalam rapat dengar pendapat dengan Komite Kehakiman DPR AS itu, Pichai berupaya menjelaskan bagaimana algoritma pencarian di layanan perusahaannya bekerja. Pichai menjawab bahwa hasil pencarian Google didasarkan pada miliaran peringkat kata kunci menurut lebih dari 200 faktor, termasuk relevansi dan popularitas.

“Hasil pencarian bergantung pada banyak faktor seperti relevansi, popularitas, bagaimana orang menggunakan istilah tersebut, dan masih banyak lagi, untuk menentukan hasil pencarian terbaik,” kata Pichai seperti dikutip dari Washington Post, Rabu (12/12/2018).

“Jadi bukan lelaki kecil yang duduk di balik tirai mencari tahu apa yang akan kami tunjukkan pada pengguna?” jawab Ms Lofgren.

Anggota kongres Republik terus memanggang Pichai, seperti ketika Steve Chabot bertanya mengapa ketika dia mencari berita tentang tagihan perawatan kesehatan partainya, hanya berita negatif yang muncul. Pichai pun menjawab bahwa berita negatif yang sama disorot ketika orang menggunakan keyword “Google”.

Hubungan antara istilah “idiot” dan gambar Presiden Trump muncul awal tahun ini, dengan beberapa menghubungkannya dengan fakta pengunjuk rasa Inggris telah mendorong lagu Green Day, American Idiot ke puncak tangga lagu Inggris selama kunjungan presiden pada bulan Juli.

Yang diikuti oleh pengguna situs web posting artikel Reddit yang berisi gambar Presiden Trump bersama kata “idiot”, dalam upaya untuk memanipulasi database mesin pencari, dalam praktik yang dikenal sebagai Google booming. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here