Bing Peringatkan Pengguna bahwa Situs VLC Media Player Berbahaya

Bing Peringatkan Pengguna bahwa Situs VLC Media Player Berbahaya –┬áSitus web untuk VLC Media Player, VideoLan.org menampilkan peringatan di Bing ketika pengguna mengarahkan kursor mereka ke atasnya. Peringatan ini menyatakan bahwa “Situs mungkin berbahaya”.

VLC Media Player adalah program open source gratis yang sangat populer yang dapat digunakan untuk menonton hampir semua format film di luar sana. Menurut Avast, VLC Media Player ada di nomor ke tujuh sebagai software yang paling banyak diinstall pada tahun 2017.

Peringatan tentang situs VLC ini diketahui ketika akun Twitter VideoLan men-tweet bahwa Bing menampilkan popup yang menyatakan situs itu berbahaya dan berisi perangkat lunak berbahaya. Halaman Keamanan Situs Bing untuk videolan.org juga menyatakan bahwa situs tersebut menunjukkan “indikasi aktivitas berbahaya”.

Ketika menguji software VLC pada VirusTotal, hanya 1 dari 62 vendor keamanan yang mendeteksi itu sebagai berbahaya. Oleh karena itu, mengejutkan bahwa Bing mendeteksi mereka dengan cara ini.

Peringatan ini tidak baru dan ditunjukkan setidaknya 3 bulan yang lalu menurut pos Reddit.

VLC populer di kalangan distributor malware

Taktik umum yang digunakan oleh distributor malware adalah dengan mengambil perangkat lunak open source populer, seperti VLC, dan mengemasnya kembali untuk menginstal malware. Misalnya, program adware akan dikemas di dalam installer VLC , yang juga akan menginstal sofware, adware, ekstensi, dan Trojan yang tidak diinginkan.

Penyerang juga diketahui menggunakan VLC untuk mendistribusikan malware yang lebih canggih seperti FinFisher, VLC juga digunakan sebagai bagian dari toolkit cyber CIA Vault 7 yang disebut “Fine Dining” yang menggunakan aplikasi populer untuk memata-matai target. VLC Media Player adalah salah satu aplikasi yang diduga digunakan oleh CIA. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here