Phising dengan Modus “Resource Limit Exceeded” Targetkan Webmaster Pengguna cPanel

355

Phising dengan Modus “Resource Limit Exceeded” Targetkan Webmaster Pengguna cPanel. Jik kamu adalah seorang pemilik website yang juga mengelolanya melalui cPanel, kamu harus mulai berhati-hati karena saat ini sedang marak phising atau email scam yang dikirim oleh para kriminal dunia maya dan menargetkan para pengguna cPanel. Mereka mengirim email degan modus bahwa resource dari akun hosting/cPanel mu sudah melampaui batas, dan akunmu akan segera disuspend jika kalian tidak melakukan update.

Dilansir dari fanspage Facebook Waren Gonzaga, email scam tersebut dikirim seolah-olah dari pihak cPanel, dengan alamat email [email protected] dan subjek email Resource Limit Exceeded.

Disana terlampir sebuah file, yang menurut email scam tersebut jika target membuka lampiran file tersebut maka paket hosting kalian akan terupgrade. Namun, jangan pernah sekalipun membuka file lampiran dari email scam karena bisa saja sudah diinfeksi dengan trojan atau virus berbahaya.

Namun nampaknya scam yang menargetkan pengguna cPanel bukan hal yang baru. Menurut salahsatu postingan di Reddit, modusnya pun bervariasi. Bisa resource limit exceeded, bisa penghapusan domain dari server, dll.

Email scam seperti ini ditujukan untuk mencuri data akun cPanel dari target. Dan jika berhasil, mereka akan mengambil alih akun hosting target dan menggunakannya untuk kegiatan ilegal.

Tindakan terbaik saat kalian menerima email scam seperti ini adalah tidak melakukan apa-apa. Jangan download file lampiran yang ada, jangan klik link yang ada. Ini adalah langkah paling aman dan paling sederhana. Kecuali, kalian memang sudah paham betul dengan scam mail, dan berencana melakukan analisa. Kalian bisa bongkar source code lampiran yang ada, ataupun melakukan recon pada link scam tersebut. Namun, tetap lakukan dengan hati-hati. (yuyudhn/linuxsec)