Home Deface Hacker Maroko Beraksi, Retas 37 Subdomain Situs Kabupaten Tabanan

Hacker Maroko Beraksi, Retas 37 Subdomain Situs Kabupaten Tabanan

0
SHARE
Lagi lagi aksi mass deface menerpa situs pemerintahan Indonesia. Karena buruknya layanan hosting yang dipakai oleh situs Kabupaten Tabanan, defacer dengan kodenama Phoenix MA dengan mudahnya meretas situs tabanankab.go.id beserta 36 subdomain lainnya.

Tentang Phoenix MA berasal dari Maroko sendiri saya mendapatkan informasinya dari salahsatu mirror di zone-h dimana dia mengubah tampilan sebuah situs yang dia retas dengan tulisan Hacked by Phoenix MA Moroccans Hacker.
Untuk kasus tabanankab.go.id sendiri sang defacer sepertinya tidak ada niat untuk merusak situs tersebut. Dia hanya menitipkan file ” ma.php ” di setiap subdomain yang dia retas.
Tidak ada pesan khusus kecuali tulisan “Hacked by Phoenix MA” , menunjukkan tidak ada motif khusus dari peretasan tersebut. Kemnungkinan hanya tindakan iseng saja.
Sampai berita ini diturunkan belum ada perbaikan di situs Kabupaten Tabanan. Pertanda admin belum sadar kalau situsnya berhasil disusupi hacker. Akan sangat fatal jika ada defacer lain yang berhasil masuk dan bukan hanya menitipkan file namun juga merusak halaman depan situs.
Untuk mirror nya bisa kalian cek disini :
Oke sekian berita petang hari ini, selamat beristirahat (jack/lsc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here