Setelah Diciduk, Polri Berencana Rekrut Sultan Haikal

Setelah Diciduk, Polri Berencana Rekrut Sultan Haikal

Polri berencana akan merekrut SH (19) alias Haikal, hacker lulusan SMP yang berhasil menjebol 4.600 situs online. Perekrutan itu akan dilakukan setelah proses pidana yang menjerat Haikal selesai.


Kanit III Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Idam Wasiadi mengakui Polri memang berencana merekrut Haikal dan hacker-hacker lain untuk membantu sebagai tim siber dan partner Polri.

"Iya, biar jadi lurus dan bermanfaat bagi bangsa," ujar Idam kepada detikcom, Jumat (7/4/2017).

Haikal diketahui membobol situs penjualan tiket.com. Bahkan, PT Global Networking merugi hingga Rp 4 miliar. Haikal menjebol situs tiket.com bersama tiga rekannya, MKU (19), AI (19) dan NTM (27). 

Namun, menurut Idam, hanya Haikal yang akan direkrut, tiga rekan Haikal tidak ada rencana untuk direkrut.

Selain Haikal, Polri juga akan mencari hacker remaja lainnya untuk direkrut. Nantinya, mereka akan menjadi mitra kepolisian untuk urusan dunia siber.

Perekrutan ini, menurut Idam, adalah rencana agar remaja yang memiliki kemampuan seperti Haikal bisa berguna bagi bangsa Indonesia.

Haikal belajar meretas situs secara otodidak. Dia berhasil menjebol 4600 situs termasuk situs milik pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga situs milik Polri.

Referensi :
Share on Google Plus

About Jack Wilder

Citizen Journalist - Founder LinuxSec - Indonesian Linux Portal

0 komentar :

Poskan Komentar